Senin, 12 Maret 2012

KEWIRAUSAHAAN

Pengertian dari kewirausahaan itu sendiri adalah tindakan menjadi seorang pengusaha dimana orang itu sendiri dapat melakukan inovasi keuangan dan ketajaman bisnis dalam upaya untuk merubah inovasi tersebut menjadi barang ekonomi.
sebelum kita membahas lebih jauh tentang kewirausahaan kita harus mengetahui ciri-ciri dan sifat untuk menjadi seorang wirausahawan.

Adapun ciri-ciri dari seorang wirausahawan adalah sebagai berikut:
-Percaya diri .Mengapa harus percaya diri? untuk memulai suatu usaha apabila kita tidak tanamkan rasa percaya diri dalam diri kita sendiri usaha tersebut tidak akan mencapai hasil yang maksimal.
-Berorientasikan tugas dan hasil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita pun harus mengimbangkan dengan apa yang kita lakukan. Semakin besar tanggung jawab kita dengan tugas yang kita lakukan kita dapat mendapatkan hasil yang maksimal juga.
-Pengambil resiko. Sesungguhnya disetiap pekerjaan pastilah ada resikonya, tetapi disini kita sebagai pendiri usaha harus cermat dalam pengambilan resiko, untuk menghasilkan laba yang maksimal kita pun harus melakukan pengorbanan yang maksimal yang diikuti resiko yang besar. maka dari itu kita sebagai pendiri usaha harus berani mengambil resiko besar untuk mengasilkan kesuksesan.
-Keorisinilan. Sebagai wirausahawan kita harus menjaga keorisinilan dari product yang akan kita jual. jangan sampai apabila product yang kita produksi sedang meningkat penjualannya dipasar kita tukar bahan bakunya dengan yang lebih murah agar mencapai laba maksimal. sesungguhnya keorisinaln product lah yang menjadi kepercayaan customer untuk menggunakan product yang dipasarkan.
-Jujur dan Tekun. Menjadi wirausahawan dibutuhkan ketekunan yang ekstra dan kejujuran karena segala tindakan dari segala proses produksi hingga penjualan kita yang mengatur. dan harus selalu jujur untuk mendapatkan kepercayaan dari customer yang mengkonsumsi product kita.
-Berorientasi terhadap masa depan. Kita tau sebagai wirausahawan tidak saelamanya product yang kita jual akan terus meninggkat penjualannya, maka dari itu sebelum terjadi penurunan penjualan saat penjualan sedang meninggkat kita harus memikirkan inovasi apa yang akan kita buat agara penjualan menjadi semakin meninggkat.

Sifat- sifat dari kewirausahaan adalah sebagai berikut:
-Individualisme, optimisme, mandiri, dan percaya diri.
-Selalu berusaha untuk berprestasi, berinovasi dan bertekad kuat untuk kerja keras demi mencapai laba maksimal.
-Suka pada tantangan dan berani mengambil resiko besar.
-Bertingkah laku sebagai pemimpin, mau menerima kritik yang membangun, dan mudah bergaul.
-Memiliki orientasi berpikir ke masa depan.
-Memiliki keyakinan jika berkerja keras akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Tahap- tahap memulai wirausaha :
  • Tahap Perencanaan : Untuk memulai usaha kita harus merencanakan segala sesuatu yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha seperti melihat peluang usaha yang kiranya menjanjikan, melihat kondisi pasar, menyiapkan modal, menyiapkan lokasi, dan menyusun aspek keuangan yang dibutuhkan.
  • Tahap Pelaksanaan Usaha : Setelah perencanaan benar-benar matang kemudian saatnya untuk merealisasikannya. Dalam tahap ini dilakukan pemasaran, penyusunan aspek pembiayaan, SDM, kepemilikan, kepemimpinan dan evaluasi
  •  Tahap Mempertahankan Usaha : Disini harus melakukan inovasi apabila penjualan product meningkat sehingga angka penjualan akan terus meninggkat dan konsumen tidak jenuh dengan product yang sudah ada sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar