Rabu, 02 Mei 2012

Wirausaha Pupuk Kompos

Seperti kita ketahui pupuk kompos adalah pupuk yang terbuat dari sampah organik tanpa bahan kima. Pupuk ini dapat dimanfaat kan sendiri dan juga bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Selain bahannya mudah didapat pupuk ini juga termasuk pupuk yang sangat ramah lingkungan karna dalam pembvuatannya tidak dicampurkan bahan kimia.

Disamping manfaat dari kompos yang luar biasa, akan lebih menguntungkan lagi bila dijadikan peluang bisnis. Karena untung yang dirauk dalam berbisnis pupuk ini sangat besar. Dilihat dari kebutuhan para petani yang kian hari kian meningkat dan juga masyarakat yang memiliki kebun kebun kecil dirumahnya.

Bagi anda yang berbinat untuk berbisnis kompos , berikut lah langkah langkah pembuatan pupuk kompos:


- Pengumpulan sampah sampah organik
 Kumpulkan sampah yang ada idekitar anda seperti sampah sayur buah sisa sisa makanan dan yang lainnya.Potong sampah menjadi bagian yang kecil-kecil agar sampah tersebut mudah terurai.

-Masukan kedalam kantong plastik.
Masukan sampah yang sudah dipotong kedalam kantong plastik , dan sirami dengan larutan promi secara merata. Masukan kembali selapis sampah dan masukan kembali laruran promi. Ulangi hingga kantong plastik penuh.

- Inkubasi
Proses inkubasi dengan menutup rapat kantong plastic dengan tali plastic. Biarkan kurang lebih 3 – 6 minggu, hingga kompos matang.


- Panen Kompos
Setelah kompos matang, bisa langsung digunakan. Namun untuk hasil lebih berkualitas, sebaiknya kompos matang perlu dikeringkan, dicacah dan diayak. Sehingga pupuk yang dihasilkan tidak berbau dan layak jual.

Semoga bermanfaat share peluang bisnis pupuk kompos nya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar