Senin, 09 April 2012

Bisnis Lundry

Cuaca sekarang yang sering hujan mengakibatkan pakaian yang kita jemur menjadi susah kering,alasan inilah yang menyebabkan banyak orang menggunakan jasa laundry seperti para mahasiswa, karyawan dan para ibu rumah tangga. yang menjadikan mencuci pakaiannya menggunakan laundry sebagai gaya hidup mereka membuat peluang bisnis ini menjanjikan. adapun  kelemahan dan kelebihan bisnis laundry adalah sebagai berikut:
*KELEBIHAN:
1. Simple dalam hitung menghitung karena jumlahnya kiloan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Wahid bahwa ia membuka usaha laundry kiloan ini karena menurutnya mudah dalam urusan hitung menghitung harganya karena jumlahnya kiloan.
2. Keuntungannya dapat memperpanjang sewa/kontrak ruko dalam setahun
3. Keuntungan dapat menambah mesin cuci
4. Menerima cucian dalam jumlah perpotong atau Dry Clean sehingga dapat menutup modal kiloan, karena harga perpotong lebih mahal dibandingkan dengan kiloan.
5. Jika sudah banyak pelanggan setia, akanterus berdatanga. Hal ini dikarenakan pelanggan puas (bersih, wangi, tepat waktu). Berikut faktor area yang strategis (dekat asrama mahasiswa atau daerah perumahan).

*KEKURANGAN:
 1. Daya listrik harus besar minimal 3000 Watt untuk penggunaan mesin cuci, pengering, setrika, dan penunjang lainnya.
2. Pemeliharaan alat setrika. Sering digunakan full time, membuat setrika mudah panas. Sehingga harus sering ganti setrika.
3. Mati listrik. Jika ada pemadaman listrik, membuat repot apalagi bila tidak tersedia genset.
4. Cucian yang tidak kering karenatidak adanya sinar Matahari harus dikeringkan dengan mesin Pengering. Mesin Pengering pun bekerja ekstra dan otomatis menyedot listrik, gas sebagai tenaga penggerak dan pewangi yang lebih agar cucian tetap wangi.

                                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar