Minggu, 02 Desember 2012

Konsep Sistem


Model adalah penyederhanaan (abstraction) dari sesuatu. Model mewakili sejumlah objek atau aktivitas, yang disebut entitas (entity).
Jenis – jenis model:
Ada 4 jenis dasar model :
1.      Model Fisik
2.      Model Naratif
3.      Model Grafik
4.      Model Matematika
Model Fisik adalah penggambaran entitas dalam bentuk tiga dimensi. Model fisik yang digunakan dalam dunia bisnis meliputi maket pusat perbelanjaan atau prototype mobil baru. Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh benda nyata. Contohnya, investor pusat pembelanjaan dan pembuat mobil dapat membuat sejumlah perubahan secara lebih murah pada rancangan model fisik mereka dibandingkan pada produk akhir.
Model Naratif adalah model yang menggambarkan entitasnya secara lisan atau tulisan. Pendengar atau pembaca dapat memahami entitas dari narasi atau cerita.
Model Grafik adalahmodel yang menggambarkan entitasnya dengan sejumlah garis, symbol atau bentuk. Model grafik juga digunakan dalam rancangan system informasi. Banyak peralatan yang digunakan oleh analis system dan programmer bersifat grafik.
Model Matematika adalah model yang berbentuk segala formula atau persamaan matematika. Sebagian model matematika menggunakan  ratusan hingga ribuan persamaan. Contohnya suatu model perencanaan keuangan yang dikembangkan oleh Sun Oil Company selama masa awal system informasi mengunakan kira-kira 2000 persamaan.
Kegunaan Model
Adapun kegunaan dari keempat model tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Mempermudah pengertian : suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang disederhanakan
2.      Mempermudah Komunikasi : semua empat jenis model tersebut dapat mengkominukasikan informasi secara cepat dan akurat kepada orang-orang yang mengetahui makna dari berbagai bentuk, kata-kata, grafik dan matematika tersebut.
3.      Memperkirakan Masa Depan : Ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain. Model matematika dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi tidak seratus persen akurat.
Model Sistem Umum
Sistem Fisik
Sisitem fisik perusahaan mengubah sumber daya input menjadi sumber daya output. Sumber daya input dating dari lingkungan perusahaan, terjadi suatu transformasi, dan sumber daya output dikembalikan ke lingkungannya yang sama. Karena itu system fisik perusahaan merupakan system terbuka, yang berhubungan dengan lingkungannya melali arus sumber daya fisik.








Parallelogram: Sumber Daya Output

Parallelogram: Sumber Daya Input
Text Box: Proses Transformasi

 
                                                                                                             


 Dalam system operasi perusahaan manufaktur ada 4arus sumber daya yang mengalir :
1.      Arus Material : material-material input diterima dari pemasok bahan mentah dan komponen rakitan. Material ini disimpan disuatu tempat penyimpanan sampai dibutuhkan dalam transformasi. Lalu, material tersebut dimasukan dalam aktivitas manufaktur.
2.      Arus Personel : input personel berasala dari lingkungan. Calon pegawai berasal dari masyarakat setempat dan mungkin dari serikat buruh serta pesaing. Input personel ini biasanya diproses oleh fungsi sumber daya manusia kemudian ditugaskan ke berbagai area fungsional. Saat berada di area tersebut, para pegawai terlibat dalam proses transformasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.
3.      Arus Mesin : mesin-mesin diperoleh dari pemasok, dan biasanya berada di perushaan untuk jangka waktu yang lama tiga sampai dua puluh tahun atau lebih. Namun, akhirnya semua mesin dikembalikan kepada lingkungannya dalam  bentuk tukar tambah dengan model baru, atau sebagai rongsokan.
4.      Arus Uang : uang terutama diperoleh dari para pemilik, yang menyediakan modal investasi, dan dari para pelanggan perusahaan yang memberikan pendapatan penjualan. Sumber-sumber lain mencakup lembaga-lembaga keuangan, yang memberikan pinjaman dan bunga atas investasi, serta dari pemerintah, yang menyediakan uang dalam bentuk pinjaman dan bantuan.
Sistem Konseptual
Sebagian system terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak. Pengendalian dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang terdapat didalam system. Lingkaran tersebut, yang dinamakan lingkaran umpan balik, menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari system ke mekanisme pengendalian dan dari mekanisme pengendalian kembali ke siste. Mekanisme pengendalian adalah sejenis alat yang menggunakan sinyal-sinyal umpan balik untuk mengevaluasi kinerja system dan menentukan apakah tindakan perbaikan perlu dilakukan.
Sistem Lingkaran Terbuka : adalah system tanpa lingkaran umpan balik atau mekanisme pengendaalian
Sistem Lingkaran Tertutup : adalah system yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian.
Dimensi-dimensi informasi :
1.      Revelansi : informasi memiliki revelansi jika berkaitan langsung dengan masalah yang ada.
2.      Akurasi : idealnya semua informasi harus akurat, tetapi peningkatan ketilitian system menambah biaya.
3.      Ketepatan waktu : informasi harus tersedia untuk pemecahan maslah sebelum situasi krisis menjadi tidak terkendali atau kesempatan menghilang.
4.      Kelengkapan : manajer harus mampu memperoleh informasi yang menyajikan gambaran lengkap dari suatu permasalahan  atau suatu penyelesaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar