Minggu, 02 Desember 2012

Menggunakan Teknologi untuk Keunggulan Kompetitif

Menggunakan Teknologi untuk Keunggulan Kompetitif
Perusahaan dalam lingkungannya
Lingkungan sangat berarti bagi perusahaan. Lingkungan adalah alas an utama keberadaan perusahaan. Pemilik perusahaan melihat perlunya penyediaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan lingkungan tertentu, dan menanamkan modalnya sehingga perusahaan dapat melaksanankan aktivitas ini. Lingkungan kemudian menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa.
Delapan Elemen Lingkungan
Elemen-elemen lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang berada di luar perusahaan da memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan. Delapan elemen ini brada dalam system yang lebih luas, yang disebut masyarakat menggambarkan perusahaan dalam konteks lingkungannya.Pemasok menyediakan material, mesin, jasa, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya. Barang dan jasa ini dipasarkan kepada para pelanggan  perusahaan., yang mencakup pemakai saat ini dan calon pemakai. Serikat Buruh  adalah organisasi yang bagi tenaga kerja terampil maupun tenaga kerja tidak terampil. Masyarakat keuangan terdiri dari lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan. Contohnya meliputi ank dan lembaga peminjaman lainnya, serta perusahaan-perusahaan investasi. Pemegang saham atau pemilik adalh orang orang yang menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi. Pesaing mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di pasaran. Pemerintah, pada tingkat pusa, daerah dan local, memberikan batasan-batasan dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi dan dana. Masyarakat global adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya. Perusahaan menunjukan tanggung jawabnya pada masyarakat global dengan memperhatikan lingkungan alam, menyediakan prosuk dan jasa yang meningkatkan kualitas hidup dan beroperasi secara etis.
Keunggulan Kompetitif
Pada bidang computer, keunggulan komprtitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasaran. Idenya adalah perusahaan tidak harus sepenuhnya mengandalkan sumber daya fisik yang lebih unggul data dan informasi dapat digunakan sama baiknya.
Rantai Nilai Porter
Porter dari Harvard adalah orang yang paling sering didefinisikan dengan topic keunggulan kompetitif. Pusat dari teori porter adalah konsep marjin. Marjin adalah nilai roduk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biaya-biayanya. Perusahaan menciptakan nilai dengan melaksanakan aktivitas, yang porter sebut aktivitas nilai (value activities). aktivitas nilai tetbagi menjadi menjadi dua kategori besar utama dan pendukung. Akitivitas nilai utama (support value activities) menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung. Departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran, departemen akuntansi merupakan contoh unit organisaional yang melaksanakan aktivitas pendukung.
Perencanaan Strategis
Perencanaan jangka panjang juga dikenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan posisi yang paling menguntungkan didalam lingkungannya., serta menentukan strategi-strategi untuk mencapai tujuan tujuan tersebut. Pentingnya perncanaan strategis pada manajemen tingkat atas yang merupakan alas an Robert Anthony menamakan tingkat itu tigkat perencanaan strategis.
Perencanaan strategis perusahaan
Saat sebuah perusahaan mengorganisasikan para eksekitfnya ke dalam suatu komite eksekutifkelompok inikah yang pasti memikul tanggung jawab perencanaan strategis untuk seluruh perusahaan. Komite ini, sekurangnya, terdiri dari presiden dan wakil presiden dari area bisnis. Komite ini umumnya menjadwalkan suatu pertemuan perencanaan tahunan, yang mendiskusikan gagasam mengenai apa yang ingin dicapai perusahaan selama tahun yang akan datang. Hasil dari pembahasan ini adalah rencana bisnis strategis.
Perencanaan bisnin sumber daya informasi
Selama beberapatahun terakhir jasa informasi mungkin telah mencurahkan lebih banyak perhatian pada perencanaan strategis daripada sebagian besar area yang lain. Istilah untuk menggambarkan aktivitas ini awalnya adalah transformasi kumpulan strategi (strategy set transformation). Istilah yang lebih baru, yaitu perencanaan strategis sumber daya informasi (strategic planning for information resources) telah menjadi popular.
Konsep manajemen sumber daya informasi
manajemen sumber daya informasi (information resource management) atau IRM adalah aktivitas yang dijalankan oleh manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumber daya informasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai.
Elemen-elemen IRM yang diperlukan
agar suatu perusahaan dapat mencapai IRM secara penuh, perlu ada satu set kondisi tertentu. Kondisi-kondisi tersebut meliputi :
·         Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif tidak dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul.
·         Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama.
·         Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak.
·         Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat membuat perencanaan.
·         Rencana strategis formal untuk sumber daya informasi.
·         Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing.



Lingkungan Perusahaan
 
1.
 

                                         Pengaruh Lingkungan
                                                                Eksekutif Perusahaan
                   CIO                                                                                                      Eksekutif Lain
2.
 

                                        Pengaruh                                   Rencana Strategis
Kawasan Bisnis
K
                                        Intern                                         Perusahaan
Manufaktur
Pemasaran
Keuangan
Sumber daya manusia
Layanan Informasi
3.


Rencana strategis sumber daya informasi
 



                       Sumber daya                                                              Sumber daya
                          Komputer                                                    Komputer
                           Terpusat                                                                       tersebar
                                                                Sumber daya informasi
4.




Pemakai lain
Para pemakai yang terlibat dalam end-user computing
5.



Gambar 2.9 Model IRM
Model IRM
Kondisi-kondisi IRM yang diperlukan tersebut tidak berada terpisah berkerja sama secara terkoordinasi,seperti yang digambarkan dalam Gambar 2.9. Alinea-alinea bernomor dibawah ini menjelaskan nomor-nomor pada model tersebut.
1.      Lingkungan perusahaan.
2.      Eksekutif perusahaan.
3.      Area bisnis.
4.      Sumber saya informasi.
5.      Pemakai.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar